Rambut Berponi Sebabkan Dahi Berjerawat

Rabu, 26 Oktober 2016 - 16:25 WIB
Rambut Berponi Sebabkan...
Rambut Berponi Sebabkan Dahi Berjerawat
A A A
JAKARTA - Sebagian wanita memilih menata rambutnya dengan menggunakan poni. Tatanan rambut ini dinilai bisa memberikan kesan manis dan lebih muda. Namun, menggunakan poni bisa menyebabkan timbulnya masalah kulit, yakni jerawat.

Kondisi ini pun semakin diperparah jika Anda tidak rajin mencuci rambut. Dilansir dari Huffpost Canada Style, jerawat akan timbul pada area kulit yang tertutup oleh poni, seperti di dahi. Dahi merupakan bagian T Zone yang memiliki banyak kelenjar minyak.

Bahkan, kelenjar dalam minyak lebih banyak dibandingkan area wajah lainnya. Akibatnya, jerawat pun akan lebih sering muncul pada area tersebut. “Jerawat biasanya berkembang ketika rambut menutupi kulit sehingga menyumbat pori-pori. Belum lagi jika di wajah terdapat kotoran sehingga memperparah masalah jerawat,” papar Communications and Medical Relations, Mara Vezeau.

Penyebab lain munculnya jerawat pada dahi umumnya juga disebabkan oleh pengaplikasian produk rambut. Education Manager Dermalogica Canada, Charmaine Cooper mengatakan, bahwa produk styling rambut bisa meninggalkan residu pada kulit dan menyumbat pori-pori. Inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat di dahi.

Untuk mengatasi jerawat pada dahi, Anda bisa memulainya dengan menata poni ke arah samping dan sedikit menyingkirkannya dari dahi. Jangan lupa jepit poni sebelum tidur dan saat berolahraga. Hindari juga kebiasaan menyentuh poni dengan tangan karena tangan terdapat bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Hal yang paling penting adalah rutin membersihkan wajah. Pasalnya, kulit berminyak akan lebih mudah dan cepat memproduksi kotoran. Pilih sabun dengan kandungan asam salisilat dan bersihkan wajah minimal dua kali sehari usai melakukan aktivitas. Toner juga akan membantu mengencangkan pori-pori wajah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)